Tentang Detox Fiber untuk Mengeluarkan Racun Tubuh

detox fiber

Detox fiber untuk kesehatan sudah mulai dilakukan oleh banyak orang, mengingat dampaknya yang begitu positif bagi kesehatan tubuh. Sebelum melakukan detox maka ada baiknya jika Anda mengetahui berbagai informasi mengenai detox terlebih dahulu agar hasilnya bisa didapatkan dengan maksimal.

Apa itu detox fiber untuk kesehatan

Detox atau detoks merupakan proses mengeluarkan racun atau toksin di dalam tubuh melalui keringat, tinja, pernapasan dan urin dengan menggunakan empat organ utama di dalam tubuh, yakni ginjal, kulit, hati, dan saluran pencernaan. Fiber detox ini mampu mengoptimalkan proses pengeluaran racun dalam tubuh khususnya saluran pencernaan.

Dampak positif yang diberikan setelah melakukan detoks adalah kulit menjadi bercahaya, sistem pencernaan lebih lancar, mengurangi rasa sakit pada persendian dan punggung, meningkatkan energi, meningkatkan vitalitas, dan mengurangi berbagai rasa sakit kronik.

Terdapat beberapa penyebab yang membuat racun menumpuk di dalam tubuh kita, seperti dari faktor makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, kolesterol tinggi, makanan dan minuman ringan yang mengandung bahan-bahan berbahaya lainnya dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh.

Lantas, bagaimana mekanisme kerjanya?

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Profesor Denis Burkitt dari Trinity College mengatakan bahwa meskipun serat tidak dicerna dalam tubuh tapi serat ini sangatlah penting bagi kesehatan. Serat dapat menyerap air dari tubuh menuju usus untuk pencernaan semakin lancar.

Serat ini terkandung banyak di dalam makanan nabati. Zat inilah yang menguatkan dinding sel. Biasanya, serat terbuat dari molekul karbohidrat yang begitu lengkap. Meskipun serat hanya mempunyai sedikit kalori tapi serat ini dapat membuat kita merasa kenyang sehingga nafsu makan pun berkurang.

Kebutuhan serat ini haruslah dipenuhi agar tidak menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh. Jika serat ini tidak dipenuhi maka tubuh rawan dengan berbagai penyakit konstipasi, termasuk hemorrhoid, kanker usus, varises Vena, dan diverticulosis. Kebutuhan akan serat ini bisa Anda dapatkan dari konsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan secara langsung.

Jenis serat

Sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja jenis serat:

1. Serat makanan yang larut

Serat yang dapat dicerna oleh tubuh ini larut di dalam air dan akan merubah menjadi gel. Ini adalah fungsi serat yang larut:

  1. Membantu menurunkan kolesterol
    Serat akan mengikat asam empedu sehingga tubuh tidak akan menyerap lemak yang sudah terikat dengan serat yang larut ini.
  2. Membantu menyeimbangkan berat badan dan gula darah pada penderita Diabetes Melitus
    Serat yang sudah berbentuk gel ini akan memperlambat pencernaan dan menunda pengosongan perut sehingga Anda tidak akan merasa lapar.
  3. Mencegah wasir atau sembelit atau susah buang air besar
    Serat akan mengikat lebih banyak air sehingga akan membantu memindahkan atau melunakkan limbah melalui usus dan menyeimbangkan kadar pH dalam usus.

2. Serat makanan tidak larut

Serat ini tidak dapat larut di dalam air sehingga serat-serat tersebut akan melalui saluran pencernaan cenderung utuh dan memperlancar perjalanan limbah dan makanan melewati usus.
Setelah mengetahui jenis-jenis serat tersebut maka akan memudahkan Anda dalam memenuhi serat bagi tubuh. Sebenarnya, apa saja manfaat serat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat fiber detox melalui kandungan serat:

  1. Melancarkan BAB
    Serat dalam makanan dapat meningkatkan ukuran dan berat kotoran Anda serta akan membuatnya lebih halus. Hal ini berarti akan mengurangi resiko konstipasi. Apabila kotoran Anda berair atau lembek maka serat akan membantu mengeraskannya karena tugas serat yang menyerap air.
  2. Membantu menyehatkan usus
    Diet dengan serat tinggi mampu menurunkan resiko kantong kecil pada usus dan wasir. Beberapa serat akan difermentasikan dalam usus.
  3. Menurunkan resiko kolesterol
    Serat yang larut dalam air banyak terkandung di oat, kacang, atau flaxseed yag membantu dalam menurunkan tingkat kolesterol melalui kolesterol jahat atau liloproteon yang rendah.
  4. Mengendalikan kadar darah dalam tubuh
    Serat sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk menurunkan penyerapan gula. Oleh karena itu, mengonsumsi serat akan mengurangi resiko pengembangan diabetes tipe 2.
  5. Membantu mencapai berat badan ideal
    Makanan dengan serat yang tinggi sedikit susah dikunyah sehingga rasa lapar pun hilang. Hal ini membuat Anda tidak akan makan terlalu banyak. Diet ini pun akan memberikan badan yang ideal bagi Anda dan juga kesehatan yang terjaga.

Salah satu produk yang bisa Anda gunakan dalam proses detoksifikasi adalah Fiforlif. Produk ini dibuat dengan bentuk minuman jus sehingga Anda akan lebih mudah untuk mengonsumsinya. Minuman ini terkenal dengan nutrisi dan serat yang begitu tinggi berkat manfaat dari kandungan Goji Berry.

Kedua kandungan ini mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan, terutama usus besar melalui proses detoks dengan nutrisi tinggi. Hal ini penting dilakukan, mengingat usus manusia ternyata lebih rawan dari berbagai macam penyakit sehingga perlu dilakukan proses detox fiber untuk kesehatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *