Inilah 5 Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Wanita

5 Penyebab Haid

Penyebab haid tidak teratur harus diketahui dengan pasti agar kita tahu apakah penyebabnya berbahaya atau tidak untuk kesehatan. Haid merupakan salah satu gejala pubertas yang dialami oleh perempuan. Banyak para remaja bahkan hingga dewasa yang belum teratur dalam siklus haid karena berbagai macam penyebab yang bisa terjadi.

Penyebab haid tidak teratur yang harus diketahui

Menstruasi adalah proses keluarnya darah sekitar 3-7 hari sebagai akibat luruhnya dinding rahim. Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 28-35 hari. Dalam setahun biasanya terjadi menstruasi sebanyak 11-13 kali. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda tergantung dengan keadaan tubuh mereka. Kesehatan, pola makan dan pola hidup sangat berpengaruh terhadap siklus mentruasi wanita.

Beberapa wanita mengalami masalah dalam menstruasi seperti darah keluar terlalu banyak, menstruasi terlalu lama, menstruasi tidak teratur, dan masih banyak lagi. Menstruasi tidak teratur menjadi masalah yang sering dialami oleh para wanita. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab mengapa siklus menstruasi kita tidak teratur atau pun penyebab menstruasi terlambat. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan haid tidak tertatur:

1. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ini memiliki kumpulan gejala akibat kista kecil di dalam indung telur. Adanya kista ini mengganggu keseimbangan hormon, termasuk meningkatnya testosteron pada wanita. Dampak lainnya juga terjadi pada proses pelepasan ovum sehingga membuat seorang wanita tidak mengalami menstruasi atau menstruasi yang tidak normal dan tidak rutin.

2. Kehamilan

Menstruasi yang tak kunjung datang bisa menjadi tanda jika Anda sedang mengandung. Apabila menstruasi Anda terlambat atau berbeda jauh dari siklus yang seharusnya maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah kehamilan. Oleh karena itu, segera periksakan pada dokter untuk memastikan kehamilan tersebut. Biasanya akan dilakukan tes kehamilan seperti USG.

3. Pola hidup

Pola hidup sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan mental kita. Apabila kita melakukan olahraga secara berlebihan hingga turun berat badan yang sangat drastis dapat menyebabkan haid tidak teratur dan tidak lancar. Begitu juga ketika tubuh kita mengalami kegemukan atau obesitas. Pola hidup seperti ini tidak hanya mempengaruhi berat badan kita tapi juga siklus menstruasi. Inilah penyebab haid tidak teratur tiap bulan yang sangat berpengaruh.

4. Alat kontrasepsi


Banyak para wanita yang sudah menikah menggunakan alat kontrasespsi sebagai usaha untuk menunda momongan. Bagi Anda yang memasang alat kontrasepsi pasti mengalami perubahan dalam siklus mentruasi, khususnya untuk pil KB atau IUD (spiral). Jika Anda menggunakan pil KB, darah menstruasi akan berkurang dan Anda menjadi jarang menstruasi. Berbeda jika Anda menggunakan IUD maka darah menstruasi justru akan keluar lebih banyak dan disertai dengan sakit perut. Untuk itu, pertimbangkan terlebih dahulu apa saja dampak yang akan terjadi saat menggunakan alat kontrasespsi yang dipilih.

5. Tiroid

Kelenjar tiroid ada di bagian leher yang bertugas untuk memproduksi hormon sebagai pengatur metabolisme tubuh. Apabila kelenjar tiroid tersebut mengalami masalah maka akan terjadi beberapa masalah, seperti gangguan pencernaan dan siklus menstruasi. Oleh karena itu, periksa ke dokter jika mengalami masalah tersebut untuk mengetahui bagaimana level hormon tiroid dalam darah.

Penyebab menstruasi tidak lancar di atas dapat Anda perhatikan sehingga Anda mengetahui apa yang terjadi pada tubuh Anda ketika menstruasi tidak lancar. Setiap orang mungkin memiliki siklus yang selalu berubah, tergantung dengan keadaan tubuhnya saat itu. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri pada dokter ketika menstruasi tidak lancar terus terjadi untuk mengetahui penyebab haid tidak teratur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *