8 Makanan yang Harus Dihindari Demi Kesehatan Otak Kita

Makanan yang harus dihindari ini pasti memiliki kandungan yang bisa membahayakan berbagai macam penyakit atau masalah kesehatan. Saat memilih makanan maka kita perlu memperhatikan bagaimana keadaan tubuh kita dan bagaimana dampaknya untuk kesehatan agar kesehatan kita tetap terjaga.

Rupanya ini dia makanan yang harus dihindari

Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Namun, kita juga harus memperhatikan apakah makanan itu baik untuk kesehatan atau tidak. Sebenarnya, terdapat banyak makanan perusak ingatan dan otak kita. Oleh karena itu, kita tidak boleh sembarangan memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Berdasarkan penelitian, terdapat berbagai jenis makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan mempengaruhi kesehatan otak. Lantas, apa saja makanan yang harus dihindari demi kesehatan itu?

1. Gula

Sebagian besar orang hanya mengenal gula sebagai penyebab penyakit diabetes. Selain itu, ternyata mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan otak. Semakin tinggi kadar gula di dalam darah akan berdampak juga pada kemampuan dan memori untuk mempelajari sesuatu dan mengingat. Hal ini dikarenakan dengan kadar gula yang meningkat di dalam darah maka akan membatasi penggunaan sel otak hingga akhirnya membuat penurunan pada aktivitas sel otak.

2. Makanan cepat saji

Perkembangan zaman yang semakin banyak makanan instan menjadi penyebab makanan cepat saji disukai oleh banyak orang. Namun, makanan ini sebenarnya tidak baik untuk dikonsumsi. Bahkan, kita menyebutnya sebagai junk food karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan berdampak buruk pada memori bahkan sampai kehilangan memori. Lebih parahnya, jika hal ini tidak segera di atasi maka dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

3. Garam

Mungkin Anda sudah familiar dengan bahaya garam yang dapat membahayakan denyut jantung dan hipertensi. Namun, tahukah Anda jika kelebihan kadar garam dapat mempengaruhi fungsi kognitif. Hal ini akan mengurangi kemampuan otak untuk mengingat dan berpikir. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menghindari makanan yang mengandung banyak garam atau terlalu asin.

4. Gorengan

Minyak yang ada pada gorengan mengandung lemak jenuh sehingga dapat menyebabkan penyakit kolesterol. Untuk itulah dikatakan bahwa gorengan merupakan makanan tinggi kolesterol. Ternyata, tidak hanya itu. mengonsumsi gorengan dengan jumlah yang banyak dapat melemahkan kemampuan otak seseorang.

BACA: Tentang Detox Fiber Untuk Mengeluarkan Racun Tubuh

5. Makanan olahan

Berbagai resep dapat dibuat dengan bahan-bahan yang sehat. Namun, tahukah jika makanan olahan itu ternyata juga tidak baik untuk kesehatan otak. Meskipun makanan itu terbuat dari jagung alami sekalipun tapi tetap saja akan berdampak buruk. Hal ini dikarenakan makanan olahan mengandung perasa buatan, zat aditif, pewarna dan pengawet makanan.

Bahan-bahan kimiawi ini tidak akan baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Terlebih, bahan-bahan ini akan mempengaruhi perilaku dan fungsi kognitif yang membuat menurunnya kinerja otak atau dengan sebutan lain akan membuat orang lebih menjadi bodoh.

6. Popcorn

Mungkin, Anda belum tahu jika ternyata makanan yang terbuat dari jagung ini juga dapat berpengaruh terhadap otak. Diketahui bahwa popcorn mengandung PFOA atau asam perfluorooctanioc. Menariknya, kandungan ini juga ditemukan pada barang-barang seperti pot teflon dan panci. Pada umumnya, makanan ringan ini juga ditambahkan zat seperti diacetyl yang mampu memecah lapisan-lapisan sel sebagai pelindung otak.

7. Mentega dan daging merah

Mentega dan daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang ternyata tidak baik untuk kesehatan otak. Dikatakan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi lemak jenuh maka akan lebih beresiko mengalami penurunan memori dan fungsi otak. Hal ini dikarenakan, kelebihan lemak jenuh di dalam tubuh mampu memberikan dampak pada kinerja organ tubuh, termasuk fungsi otak. Inilah makanan berlemak yang harus dihindari saat diet.

8. Tahu

Anda akan terkejut saat melihat tahu sebagai salah satu makanan yang tidak sehat. Seperti yang kita tahu bahwa tahu mengandung protein tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Lantas, apa yang membuat tahu memberikan dampak negatif? Berdasarkan suatu penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi tahu berlebihan akan beresiko dalam menghilangkan memori di otak.

Setelah mengetahui beberapa makanan yang berdampak buruk pada kesehatan otak, maka saatnya Anda menghindari mengonsumsi berlebih pada makanan-makanan tersebut. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu juga tidak akan baik. Demikian makanan yang harus dihindari demi menjaga kesehatan tubuh khususnya otak kita.

Save

Save

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *